contoh TUGAS AKHIR kinerja karyawan di PT. Sinar Makin Mulya bab 1

Unknown 07.35
TINJAUAN PELAKSANAAN KINERJA KARYAWAN DI PT SINAR MAKIN MULYA
TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu sidang tugas akhir program Diploma Tiga Politeknik LP3I Bandung

Disusun :
SUSILAWATI FITRIANI
NIM : 201301081

 






ADMINISTRASI BISNIS
POLITEKNIK LP3I BANDUNG
2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sumber daya manusia merupakan faktor sentral dalam pengelolaan suatu perushaan. Dalam mencapai tujuannya sebuah perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dengan kinerja yang baik. Sebaliknya jika sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tidak kompeten dan kinerjanya buruk maka hal tersebut dapat menempatkan perusahaan dalam kondisi merugi. Sebuah perusahaa membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten agar setiap tugas yang diberikan kepada masing – masing bagian di perusahaan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini akan menjadi salah satu indikator penting dalam pencapaian tujuan perusahaan secara efektif dan efesien.
Persaingan dalam dunia usaha semakin keras dan ketat banyak perusahaan yang bersaing untuk menciptakan produk atau jasa yang berkualitas tinggi. Dengan seiring perkembangan zaman para pelanggan semakin pintar untuk menyeleksi produk atau jasa yang akan mereka beli, hal tersebut membuat semua perusahaan semakin meningkatkan strategi – strateginya, mulai dari manajemen, kinerja, inovasi produk, promosi dan lain sebagainya. Salah satu bagian yang penting untuk mampu mengikuti daya saing adalah memperhatikan kinerja karyawan, karena kinerja karyawan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan sebuah perusahaan. Adapun pengertian dari kinerja. Yakni, Perfonmace diterjemahkan menjadi kinerja, juga berarti prestasi kerja, pelaksanaan kerja, atau hasil kerja / unjuk kerja / penampilan kerja (L.A.N, 1992:3). Sedangkan  August W. Smith 1982 :393) menyatakan bahwa perfonmace atau kinerja adalah output drive of proses, human or otherwise”. Jadi dikatakannya kinerja merupakan hasil atau keluaran suatu proses. Maka dari itu kinerja karyawan sangatlah penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan karena kinerja karyawan adalah salah satu asset berharga bagi perusahaan. Jika kinerja karyawan bagus maka apa yang perusahaan targetkan akan tercapai akan tetapi jika kinerja karyawan jelek makan perusahaan tidak akan mencapai targetnya.
Kinerja dalam perusahaan merupakan  suatu jawaban berhasil atau tidaknya tujuan perushaan yang telah ditetapkan. Bagus tidaknya kinerja karyawan tergantung pada motivasi perusahaan yang diberikan kepada karyawan, jika motivasi perusahaan kepada karyawan bagus maka kinerja karywan akan bagus dan sebaliknya jika motivasi karyawan yang diberikan oleh perusahaan kurang maka kinerja karyawa pun akan kurang, karena kinerja adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan. Setiap perusahaan dalam melaksanakan program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan.
Bagian produksi dalam perusahaan yang menghasilkan produk adalah bagian perusahaan yang diamana diciptakannya sebuah produk mulai dari input samapai menajdi outuput. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tergantung pada kinerja karyawan bagian produksi. Sebagaimana yang diuraikan diatas karyawan adalah salah satu asset penting sebuah perusahaan maka untuk menghasilkan produk yang berkualitas maka harus diadakannya pelatihan bagi karyawan di bagian produksi agar terciptanya tenaga kerja yang handal dan terampil. Dengan tenaga kerja yang handal dan terampil maka produk yang diciptakan akan sesuai dengan target perusahaan.
Seiring dengan perubahan – perubahan yang cepat dalam dunia usaha berpengaruhi  pada operasi sebuah perusahaan, berbagai masalah bermunculan, salah satunya terjadi pada kinerja karyawan, tenga kerja yang kurang terlatih dan motivasi kerja karyawan yang kurang menyebabkan pada kinerja karyawan yang kurang yang pada akhirnya produk yang dihasilkan kurang berkualitas sehingga daya jual lemah karena konsumen tidak mau memesan produk yang skurang berkualitas. Hal tersebut akan membuat perusahaan tidak mendapatkan laba yang telah ditargetkan.
Seperti halnya perusahaan lain kinerja karyawan adalah asset penting bagi PT. Sinar Makin Mulya. Peruasahaan ini mengharapkan terciptanya produk yang berkualitas dari kinerja karyawannya. Jenis produksi adalah kain Karena perusahaan ini adalah perusahaan industri yang bergerak dibidang tekstil yang proses produksinya terdiri dari pencelupan, printing, sampai finshing. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tidak lepas dari kinerja karyawan yang kompeten karena faktor tersebut sangat berpengaruh besar. Proses produksi  harus dierjakan oleh tenaga kerja yang terlatih dan kompeten karena jika tenaga kerja yang diperkerjakan tidak terlatih dan tidak kompeten maka hasil yang diperoleh tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan.
Kinerja karyawan di PT. sinar makin Mulya kurang kompeten dan kurang terlatih sehingga produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Tidak terlatihnya tenaga kerja di PT. Sinar Makin Mulya seriing kali menjadi kendala dalam proses produksi selain itu kedisiplinan karyawan di PT. Sinar Makin Mulya juga kurang sehingga kedua hal tersebut berturut – turut menjadi kendala bagi perusahaan untuk memperoleh hasil yang ingin dicapai.
Kinerja karyawan adalah faktor penting yang harus peruasahaan perhatikan yaitu dengan meningkatkan rasa disiplin mengadakan pelatihan yang benar agar terciptanya produk yang berkualitas tinggi sehingga dapat memuaskan konsumen atas produk yang dibelinya. Kepuasan konsumen menjadikan konsumen loyal terhadap produk perusahaan dan mengajak konsumen lain untuk membeli produk perusahaan yang bersangkutan. Selain itu kepuasan konsumen dapat berdampak kepada laba perusahaan, laba perusahaan akan meningkat dan perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan yang sejenis.

1.2.Identifikasi Masalah
1.    Kinerja karyawan yang kurang baik
2.    Sumber daya yang kurang kompeten
3.    Kurangnya rasa disiplin kerja

1.3.Rumusan Masalah
Sehubungan dengan masalah – masalah yang dihadapi oleh PT. Sinar Makin Mulya penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.    Bagaimana pelaksanaan kinerja karyawan di PT. Sinar Makin Mulya ?
2.    Hambatan – hambatan yang memengaruhi kinerja karyawan PT. Sinar Makin Mulya?
3.    Apa saja solusi untuk mengatasi masalah – masalah yang dihadapi ?

1.4.Batasan Masalah
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang dilaksanakan oleh penulis maka penulis membatasi masalah. Yakni, tentang kinerja karyawan di bagian produksi PT. Sinar Makin Mulya.

1.5.Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan oleh oleh penulis,yakni :
1.    Untuk mengetahui pelaksanaan kinerja karyawan di PT. Sinar Makin Mulya ?
2.    Untuk mengetahui hamabatan – hambatan yang mempengaruhi kinerja karyawan ?
3.    Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan – hambatan yang dihadapi oleh PT. Sinar Makin Mulya ?


1.6.Kegunaan Penelitian
1.    Penulis
Untuk memenuhi Tugas Akhir dan mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama masa perkuliahan serta untum menambah wawasan dan pengalaman sehingga menjadi bekal ketika terjun ke dunia kerja.
2.    Perusahaan terkait
Dengan dilakukannya penelitian terhadap perusahaan diharapkan dapat bermanfaat bagi perushaan yang bersangkutan. Yakni, dapat mengetahui permasalahan apa saja yang sedang dihadapi dan penulis dapat memberi masukan dan solusi terhadap permasalah yang perusahaan hadapi.
3.    Pihak lain
Agar dapat menambah waawasan dan referensi bagi mahasiswa yang akan melakukan penellitian yang ada kaitannya dengan Tinjaun Pelaksanaan Kinerja Karyawan.

1.7.Desain Penelitian
Adapun metede penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian di perusahaan terkait, yakni :
1.7.1.    Metodologi Penelitan
Metede yang dilakukan oleh penulis dalam mengumpulkan data adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu teknik pengumpulan data melalui observasi peran – serta atau pelibatan (participant observation).
1.7.2.    Teknik Pengumpulan Data
a.    Studi perpustakaan
Dalam penyusunan Tugas Akhir penulis harus mencari referensi agar teori – teori dan data – data yang didapat valid dan mengihandari penulis dari plagiat. cara pengumpulana data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan cara mencari sumber – sumber buku yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan.
b.    Studi lapangan
1.    Wawancara
Yaitu dengan cara langsung mewawancarai pihak yang berhubungan langsung dengan apa yang ingin penulis teliti yaitu dengan cara mewawancarai pihak yang mengaawasi dan mengendlikan kinerja karyawan.
2.    Observasi
Observasi adalah proses pengumpulan data dengan cara terjun dan melihat langsung kelapangan bagaimana pelaksanaan kinerja karyawan di perusahaan yang bersangkutan.
3.    Dokumentasi
Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara pengambilan data dalam bentuk photo yang berlangsung di PT. Sinar Makin Mulya Jalan. Baros 9/78 cimahi.


1.7.3.    Lokasi dan Waktu Peniltian
1.    Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian yang dilakukan oleh pennullis berlangsung di PT. Sinar Makin Mulya Jalan. Baros no 9/78 Cimahi.
2.    Waktu Penellitian
Adapun waktu dan jadwal  penelitian yang direncanakan oleh penulis, yakni :




Tabel 1.1
NO
KEGIATAN
BULAN
JANUARI
FEBRUARI
MARET
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Permohonan Penelitian
2
Penentuan Ojek Penelitian
3
Pengajuan Proposal
4
Pengumpulan Data
5
Penulisan Laporan Penelitian
6
Bimbingan dan Konsultasi
7
Sidang Tugas Ahkir

1.8.        Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang, identefikasi masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, desain penelitian, lokasi dan waktu penelitian, serta sistematika penulisan.



BAB II LANDASAN TEORI
Bab in berisi landasan – landasan teori yang dikutif dari sumber – sumber buku yang berhubungan dengan teori yang akan dibahas oleh penulis. Yakni, pengertian dari tinjauan, pelaksanaan, dan kinerja.
BAB III OBYEK PENELITIAN
Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan yang penulis teliti. Yakni, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, aspek kegiatan usaha, struktur organisasi, kepegawain, serta fasilitas yang terdapat di PT. Sinar makin mulya.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab in berisi pembahasan tentang tentang bagaimana pelaksanaan kinerja karyawan di PT. Sinar Makin Mulya dan apa saja hambatan –hambatanang yang dihadapi dalam kegiatan pelaksanaan kinerja karyawan serta upaya – upaya dalam mengatasi hambatan – hambatan tersebut.
BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran penulis untuk mengatasi hambatan – hambnatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kinerja karyawan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »